Click !

Kamis, 23 Februari 2012

Jamban Sehat Untuk Hidup Yang Lebih Baik

Bandung-Warga Desa Cihawuk, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung berbondong-bondong menuju tempat dibangunnya fasilitas MCK di desa mereka. Hari itu, tanggal 21 Februari 2012, mulai dibangun fasilitas MCK berupa kamar mandi umum yang nantinya akan digunakan bersama-sama oleh warga desa.  Sudah lama warga menunggu adanya pembangunan fasilitas MCK ini. Tidak hanya ibu-ibu, anak-anak pun terlihat antusias. Selama ini untuk kegiatan MCK warga hanya membuat lubang di tanah dan menutupnya dengan karung goni atau di sepanjang sungai yang berjarak cukup jauh dari pemukiman penduduk. Sungguh menyedihkan. Apalagi, ketika malam hari tiba, ibu-ibu bahkan tak berani keluar rumah. Walhasil, pembangunan MCK di desa mereka disambut dengan gembira.

Sehari sebelumnya, terlebih dahulu dibuat pipa sepanjang 500 meter untuk mengalirkan air dari mata air pegunungan ke desa Cihawuk. Air ini nantinya akan dipergunakan oleh warga desa Cihawuk dan sekitarnya untuk aktifitas mereka di MCK. Sebenarnya warga sudah mencoba menggali tanah untuk keperluan air bersih di desanya, namun yang keluar adalah gas dari dalam tanah. Hal ini dikarenakan Desa Cihawuk Kecamatan Kertasari masuk kedalam daerah vulkanik, dimana potensi panas buminya masih cukup besar.

Desa Cihawuk berada di sebelah selatan Kabupaten Bandung. Lokasinya dapat ditempuh dengan jarak 120 kilometer ataupun 3 jam waktu perjalanan dari pusat Kabupaten Bandung. Lokasinya yang cukup jauh, jalanan yang terjal dan naik turun gunung membuat tim PKPU cukup mengalami kesulitan ketika ingin menjangkau desa tersebut. Namun, harapan warga desa untuk fasilitas MCK yang sehat, terlebih lagi untuk meningkatkan taraf kesehatan yang lebih baik membuat tim PKPU tidak terhalang untuk terus menembus lokasi.

Pembangunan MCK merupakan program sanitasi yang digagas dalam program 1000 Jamban Lembaga Kemanusiaan Nasional (LKN) PKPU Bandung. Program ini merupakan program yang melaksanakan pembangunan fasilitas jamban sehat. Dimana PKPU hadir menjadi solusi bagi peningkatan aksesibilitas masyarakat dalam menjangkau fasilitas jamban sehat serta meningkatkan taraf kesehatan warganya melalui fasilitas sanitasi. Selain pembangunan MCK, program 1000 jamban juga menyediakan air bersih dan tempat penampungan air serta peralatan pendukungnya. Hingga berita ini diturunkan (24/2), pembangunan MCK masih terus berlangsung di Desa Cihawuk. Masih terbuka kesempatan bagi para donator untuk menyalurkan bantuannya. Kami mengajak masyarakat, baik instansi maupun individu untuk turut serta menyehatkan masyarakat dalam program 1000 jamban PKPU. (DwiEnamarty/PKPU Bandung)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar