Click !

Jumat, 04 Mei 2012


Inkubator Mandiri Supermarket Pelatihan

peserta pelatihan sablon sedang mengeringkan hasil sablonnya

peserta pelatihan menjahit sedang belajar membuat pola pakaian
peserta pelatihan cukur rambut sedang mempraktekkan hasil belajarnya
peserta pelatihan desain grafis mendapatkan teori program desain dari instruktur



Bila ditanya cita-cita sewaktu kecil kebanyakan dari kita mengatakan “ingin jadi presiden” atau “ingin jadi pilot, astronot, atau yang lainnya”, bahkan ada yang mengatakan ingin menjadi superhero. Jawaban-jawaban lucu khas anak-anak tersebut bisa jadi dipicu dari apa yang mereka lihat, atau yang mereka kagumi, dan banyak lagi alasannya.

Namun, bila ditelaah jawaban-jawaban tersebut belum memunculkan profesi-profesi yang bergelut di bidang wirausaha. Misalnya ingin jadi pedagang, pelukis, pembuat kapal atau pembuat film dan profesi-profesi lainnya yang menuntut kreatifitas wirausaha.

Boleh jadi itu hanya jawaban-jawaban biasa khas anak-anak yang dipengaruhi banyak faktor, namun memang diakui semakin dewasa akan semakin banyak faktor yang mempengaruihi cita-cita semasa kecil dan kebanyakan berakhir menjadi pegawai.       

Terkait hal itu, pembekalan-pembekalan wirausaha semakin gencar dilakukan oleh pemerintah, selain iklan-iklan layanan masyarakat yang berujung wirausaha seperti iklan sekolah berbasis kejuruan semakin didorong untuk terus tumbuh.

Hal itupun yang dilakukan oleh Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU. Melalui Inkubator Mandiri yang berlokasi di Jl. Cikampek No.17 Bandung, PKPU Bandung meluncurkan berbagai program menumbuhkan bakat kewirausahaan melalui seminar dan pelatihan. Seperti yang disampaikan oleh Haryono, ST , Manajer Inkubator Mandiri, bahwasannya pelatihan-pelatihan ini bertujuan untuk menjadikan pesertanya lebih mandiri dalam berwirausaha dan berkontribusi dalam pengurangan angka pengangguran.

Setelah sukses dengan Pelatihan Wirausaha angkatan ke-13, kini Inkubator mandiri memasuki pelatihan Kewirausahaan angkatan ke-14. Pelatihan yang diselenggarakan antara lain, pelatihan menjahit, cukur rambut, desain grafis, serta sablon yang tengah berlangsung dan pelatihan mikrokontroler yang baru saja usai. Lama pelatihan tergantung dari jenis pelatihan yang diambil, dimulai dari 2 minggu hingga 6 bulan lamanya.

Pelatihan-pelatihan kewirausahaan ini diselenggarakan oleh PKPU Bandung secara gratis bagi usia produktif yang berasal dari keluarga kurang mampu. Selepas pelatihan mereka akan didorong untuk membangun usaha mereka sendiri, salah satu caranya adalah dengan membentuk ikatan alumni dimana alumni pelatihan kewirausahaan tersebut dapat berbagi tips seputar usaha, kendala-kendala maupun motivasi atau mental berwirausaha.

Sudah banyak kerjasama yang dilakukan oleh PKPU Bandung dengan korporasi terkait pengembangan bakat wirausaha. Melalui kerjasama diharapkan akan semakin banyak penerima manfaat pelatihan dan semakin banyak orang yang bisa mengakses pelatihan gratis ini. PKPU Bandung terus mengajak korporasi maupun perseorangan untuk turut serta membangun Inkubator Mandiri menjadi wadah pengembangan jiwa wirausaha sebagaimana motonya yaitu menjadi Supermarket Pelatihan.

Untuk keterangan lebih jelas mengenai program kewirausahaan PKPU Bandung dapat menghubungi hotline (022) 76300200 atau SMS 08122048454. (PKPU/Dwi Enamarty/Bandung).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar