Click !

Senin, 07 Mei 2012


Penandatangan MoU antara PKPU dan Planet Sains Untuk Pendidikan

Bandung – Bertempat di kantor Planet Sains, Jl. Sadang Serang No. 11 B Bandung, PKPU dan Planet Sains menandatangani MoU di bidang pendidikan. Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangani oleh Ir. Hari Utomo selaku Direktur Lembaga Planet Sains dan Dian Mardiana selaku Kepala Bidang Penghimpunan PKPU Bandung berisi tentang kegiatan sains yang akan diluncurkan dan diperkenalkan kepada mitra tabung peduli PKPU yang ada di Kota Bandung dan sekitarnya.


Planet Sains merupakan sebuah lembaga yang mendedikasikan diri bagi perkembangan ilmu pengetahuan, khususnya sains. Dalam kerjasama ini, PKPU Bandung melalui mitra tabung peduli PKPU akan memperkenalkan sains dengan cara yang lebih menyenangkan sesuai mottonya 4 M, yaitu Mudah, Menarik, Menyenangkan, dan Melibatkan.

Berbagai kegiatan akan dirancang untuk menindaklanjuti kerjasama ini, antara lain roadshow, yang berisi demo sains, pemutaran film sains dan kegiatan-kegiatan menyenangkan lainnya. Dengan pola eksperimental, siswa-siswi sekolah akan diajak untuk lebih mengenal kejadian-kejadian di alam, seperti meletusnya gunung berapi, terjadinya geyser, prinsip kerja speedboat, dan banyak lagi eksperimen lainnya yang tentunya dapat mengembangkan rasa ingin tahu dan sikap kritis siswa sekolah.

Selain terlibat langsung, para siswa akan diajarkan bereksperimen dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah didapat. Misalnya saja, para siswa akan diperkenalkan mengenai fenomena meletusnya gunung berapi hanya berbekal bahan-bahan sederhana, antara lain  botol bekas air mineral,  selang kecil, bahan kimia seperti baking soda, pewarna, cuka, dan sabun cuci. Setelah bahan-bahannya terkumpul, para siswa kemudian memasukkan bahan-bahan tersebut dengan urutan tertentu sehingga tercipta fenomena gunung meletus persis seperti kejadian di alam.

Kegiatan eksperimen tersebut akan dikemas dalam program 1000 Sekolah Bereksperimen Sains. Diharapkan kerjasama ini akan terlaksana dengan baik dan para siswa mendapatkan pelajaran yang menyenangkan melalui sains. (PKPU/Dwi Enamarty/Bandung).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar